Soal Bahasa Inggris di SIMAK UI

Soal Bahasa Inggris di SIMAK UI

Soal Bahasa Inggris di SIMAK UI , dah siap hadapi belum? Kalau sebelumnya kalian udah ngerjain soal bahasa Inggris di UTBK, ternyata ada perbedaan soal bahasa Inggris di SIMAK UI lho. Untuk kesiapan kalian ngadepin ujian SIMAK UI, kali ini kakak mau belajar tentang Bahasa Inggris versi SIMAK UI. Lihat ini!

 

Apa sih bedanya soal Bahasa Inggris di SIMAK UI dan UTBK ?

Hmm.. sekilas sih sama, tapi tentu aja ada bedanya. Baik, kita bahas detail perbedaan soal Bahasa Inggris di UTBK dan SIMAK UI di sini ya. Berdasarkan trend soal UTBK dan SIMAK UI tahun 2021, kita coba analisis yuk. Jika kalian melihat secara terpisah, naskah tentang UTBK dan SIMAK UI Bahasa Inggris, sepertinya tidak akan terlihat berbeda karena keduanya sama-sama berisi teks . Namun, kalau kalian perhatiin baik-baik, dari format teksnya ada yang beda ini Guys…

 

Tipe Soal Bahasa Inggris di UTBK

Soal Bahasa Inggris di UTBK membuka 15 soal. Dengan komposisi 3 teks dengan 5 soal untuk masing-masing teks. Secara keseluruhan tentang hal-hal tersebut adalah pemahaman bacaan yaitu kemampuan untuk memahami bacaan. Pertanyaan yang akan keluar tentunya seputar informasi yang berdasarkan teks yang disediakan. Seperti mencari ide utama , judul , kesimpulan , menentukan sinonim dari kata tertentu, penetapan yang berisi informasi tertentu. Soal UTBK tuh hampir semua menanyakan informasi yang terkait dengan teks.

 

Tipe Soal Bahasa Inggris di SIMAK UI

Di soal SIMAK UI ada satu teks yang bolong-bolong, alias teks rumpang. Nah, di situ kalian diminta untuk ngisi kalimat rumpang dengan kata atau frasa atau kalimat yang tepat. Kalau kakak sih nyebutnya, ini soal grammar yang terintegrasi dalam teks. Tata bahasa tuh semacam tata bahasa. Di dalam Bahasa Inggris, aturan ini dibagi menjadi tiga dasar, yaitu Etimologi, Ortografi, dan Sintaks.

Etimologi

Etimologi berkaitan dengan cara penyusunan huruf-huruf yang tepat ke dalam sebuah kata. Etimologi berkembang menjadi Delapan Part of Speech , yaitu noun (kata benda), adjective (kata sifat), verb (kata sifat), pronoun (kata ganti), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), konjungsi (kata hubung) dan kata seruan (kata seruan)

Ortografi

Ortografi meliputi masalah ejaan, kapitalisasi, pemenggalan kata, serta tanda baca.

Sintaks

Yang terakhir adalah sintaks, yaitu ilmu yang mempelajari cara penyusunan kata menjadi sebuah kalimat yang tepat dan sesuai. Dengan kata lain, sintaks merupakan bagian tata bahasa yang mempelajari tentang proses pembentukan sebuah kalimat.

 

Duh, teorinya susah banget sih, Kak?! Baik, karena kakak baik orangnya, jadi kakak kasih contoh aja ya. Misalnya ada soal kayak begini:

 

Soal Bahasa Inggris di SIMAK UI

 

Bagian yang hilang dari kalimat di atas adalah relative clause . Relative clause merupakan jenis klausa dependent , artinya dia tidak dapat berdiri sendiri atau tidak dapat membentuk kalimat utuh jika tidak disertai klausa lain.

Soal Bahasa Inggris di SIMAK UI

Soal di atas adalah salah satu contoh soal SIMAK UI yang akan kalian hadapi, Guys.

 

Bagaimana? Jadi, siap-siap ya buat kalian yang mau ikutan ujian SIMAK UI, kalian harus perkuat di grammar-nya. Kakak percaya kalau kalian bisa. Yakin kalian bisa menghadapi SIMAK UI ini. Semoga cita-cita kalian dapat berkuliah di Universitas Indonesia tercapai ya, Guys…